Home » » GREEN SCHOOL

GREEN SCHOOL


Secara harfiah green school berarti sekolah hijau, namun sebenarnya memiliki makna yang lebih luas dari arti harfiahnya. Green School bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau / rindang, tetapi wujud sekolah yang memiliki porgram dan aktifitas pendidikan mengarah kepada kesadaran dan kearifan terhadapa lingkungan hidup. ”Sekolah Hijau” yaitu sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistimatis mengembangkan program, program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktifitas sekolah.
Tampilan fisik sekolah di tata secara ekologis sehingga menjadi wahana pembelajaran bagi seluruh waga sekolah untuk bersikap arif dan berperilaku ramah lingkungan. Program pendidikan dikemas secara partisipatif penuh, percaya pada kekuatan kelompok, mengaktifkan dan menyeimbangkan Feling, Acting, dan Thinking, sehingga tiap individu bisa merasakan nilai keagungan inisiasinya. Secara konsep kelompok di dorong untuk mampu melahirkan visi bersama dengan memahami apa yang menjadi penting ( definisi ), menemukan dan mengapresiasi apa yang telah ada dan tentunya itu terbaik ( Discovery ), menemukan apa yang semestinya ada ( Dream ), menstrukturkan apa yang ada (Desain) dan merawatnya hingga menjadi ada (Destiny) , sehingga hasilnya akan melampaui dari apa yang diinginkan dan sangat sinergis dengan konteks realitas yang ada dalam kehidupan sekolah.

Bahwa sebenarnya memahami makna Green school yang seharusnya adalah ” berbuat untuk menciptakan kualiatas lingkungan sekolah yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan , tentunya dengan cara-cara yang simpatik, kreatif, inovatif dengan menganut nilai-nilai dan kearifan budaya lokal”.

OBYEK PENGEMBANGAN GREEN SCHOOL
Program Green school  harus disusun secara holistik  yang mengkaitkan seluruh program  yang ada disekolah dan juga melibatkan seluruh warga sekolah  dan juga mempertimbangkan  berbagai faktor yang dapat berpengaruh  baik sebagai faktor pendukung maupun sebagai faktor penghambat
Potensi internal sekolah  yang ada seperti  lahan , sumber daya alam  . air ,energi serta limbah yang dihasilkan   serta potensi sekitar sekolah  seperti tradisi  masyarakat   kondisi alam  dan ekosistem yang ada akan menjadi  obyek  pengembangan   dalam program  Green School.

PROGRAM PENGEMBANGAN
Program Green School  dikembangnkan melalui lima kegiatan utama
  1. Pengembangan Kurikulum  berwawasan lingkungan
  2. Pengembangan  pendidikan  berbasis komunitas
  3. Peningkatan kwalitas kawasan sekolah  dan lingkungan sekitar
  4. Pengembangan  sistem  pendukung  yang ramah lingkungan
  5. Pengembangan manajemen  sekolah  berwawasan lingkungan
INTEGRASI PROGRAM
Program Green school Merupakan program yang tak terpisahkan  dari keseluruhan program  pengembangan sekolah   oleh karena itu progran green shool  akan terintegrasi  ke dalam program pengembangan  sekolah. Pengembangan  kurikulum berwawasan lingkungan dan pendidikan  berbasis komunitas  serta pendidikan  berkelanjutan terwadai  dalam program  kurikuler dan ektra kurikuler   sedangkan  pengembangan kawasan  sekolah  dan pengembangan sistem pendukung  yang ramah lingkungan  termasuk  dalam  program  pengelolaan lingkungan fisik / fasilitas. Selanjutnya pengembangan lingkungan   sosial / lingkungan kerja  merupakan  bagian  dari  pengembangan  manajemen  sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Test Footer 2